-->

Tahfidz Adalah

Apa itu tahfidz?

Tahfidz adalah program menghafal Al-Qur'an dibawah bimbingan seorang ustadz/ustadzah yang sudah hafal Al-Qur'an (hafidz). 

Definisi dari Tahfizh Al-Qur,an atau tahfidzul Qur'an adalah menghafal qur'an yang mana terdiri dari dua kata, yaitu: tahfidz dan Al Quran. dua kata tersebut jika kita bedah maka Tahfidz artinya berasal dari kata تَحْفِيْظًا “menghafal, menjaga, memelihara.” yang berasal dari bahasa Arab bentuk mashdar ghair mim dari kata حَفَّظَ – يُحَفِّظُ – تَحْفِيْظًا yang mempunyai arti “menghafal”.

Tahfidz artinya menghafal dan dapat diartikan sebagai proses pengulangan suatu pelajaran, baik dengan membaca, maupun mendengar. Definisi tahfizh atau tahfidz Al-Qur’an adalah proses menghafal Alquran baik dengan cara  membaca maupun mendengarkannya secara berulang-ulang sampai hafal sehingga setiap ayat mampu dibaca tanpa melihat mushaf. Penulisan dalam bahasa Indonesia tahfidz Quran adalah sama seperti tahfizh Al-Quran atau bahkan sekarang ditulis tahfiz Quran.

Perbedaan tahfidz dan hafidz?

Tahfidz adalah program (proses) menghafal Al Quran, adapun kata Hafidz adalah orang yang sudah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an 30 Juz. Adapun gelar orang yang sudah hafal Al-Quran disebut Al-Hafidz / Al-Hafizh.

Pengertian Al Qur'an secara etimologi (bahasa)

Ditinjau dari bahasa, Al Qur'an berasal dari bahasa arab, yaitu bentuk jamak dari kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a - yaqra'u - qur'anan yang berarti bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang. Konsep pemakaian kata tersebut dapat dijumpai pada salah satu surah al Qur'an yaitu pada surat al Qiyamah ayat 17 - 18.

Pengertian Al Qur'an secara terminologi (istilah islam)

Secara istilah, al Qur'an diartikan sebagai kalm Allah swt, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw sebagai mukjizat, disampaikan dengan jalan mutawatir dari Allah swt sendiri dengan perantara malaikat jibril dan mambaca al Qur'an dinilai ibadah kepada Allah swt.

Al Qur'an adalah murni wahyu dari Allah swt, bukan dari hawa nafsu perkataan Nabi Muhammad saw. Al Qur'an memuat aturan-aturan kehidupan manusia di dunia. Al Qur'an merupakan petunjuk bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa. Di dalam al Qur'an terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman. Al Qur'an merupakan petunjuk yang dapat mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju jalan yang terang.

Keutamaan Tahfidz Alquran bagi Seorang Muslim

Masih dari sumber yang sama, salah satu keutamaan Tahfidz Alquran yaitu dapat menumbuhkan karakter revolusi mental. Adapun keutamaan Tahfidz Alquran lainnya adalah:

1. Meningkatkan kecerdasan

Alquran adalah sumber ilmu sehingga apabila seorang Muslim menghafal Alquran akan berpengaruh baik bagi pikiran dan wawasan mengenai pengetahuan duniawi dan akhirat.

2. Meningkatkan daya ingat

Seorang penghafal Alquran setiap waktu akan selalu memutar otaknya agar tidak lupa. Jadi, secara tidak langsung itu akan menguatkan dan meningkatkan daya ingatnya.

3. Melatih kedisiplinan

Tahfidz Alquran adalah hal yang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan setiap orang. Pasalnya, Tahfidz Alquran harus mengedepankan kedisiplinan dalam proses menghafalnya. Dapat disimpulkan bahwa menghafal Alquran juga akan melatih sikap disiplin.

4. Ketenangan dan stabilitas psikologis

Hasil penelitian yang dilakukan DR. Al Qadhi selaku Direktur Utama Islamic Medicine Institute for Education and Research di Florida, Amerika Serikat, tentang pengaruh membaca dan mendengarkan ayat suci Alquran pada manusia terhadap perspektif fisiologis dan psikologis, 97 % orang yang mendengarkan ayat suci Alquran akan mendapatkan ketenangan dan menurunkan ketegangan urat syaraf reflektif.

Referensi:

Sabar Ya Nak, Ayahmu Memang Kurang Sabar! By Kusnandar · 2015

www.hafalquransebulan.com

https://www.hafalquransebulan.com/apa-itu-tahfizh-al-quran/#page-content

https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-dan-keutamaan-tahfidz-alquran-bagi-seorang-muslim-1vsKp9WgEq2

Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART
Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART