-->

Abu Idris Al-Khaulani, Selalu Konsisten Menegakkan Keadilan

Nama lengkap Abu Idris Al Khaulani adalah Aidzullah bin Abdullah bin Amr Al-Khaulani Ad-Damsyiqi. Nama Al-Khaulani adalah nama yang dinisbatkan pada sebuah suku Yaman dari kabilah Al-Azd yang pernah berimigrasi ke Syam.

Abu Idris Al-Khaulani lahir pada tahun 8 H. Ia termasuk seorang da’i, qari’, hakim negara, dan pakar dalam bidang fiqih.

Abdul Malik bin Marwan pernah menugaskan Abu Idris Al-Khaulani menjadi hakim di wilayah Damaskus. tugas menjadi hakim yang selalu konstiten menegaskan keadilan sesuai dengan kitabullah dan rasul. Jabatan karir menjadi seorang hakim ini sampai meninggal.

Tentang Abu Idris, Adz-Dzahabi pernah berkata, “Abu Idris adalah seorang ulama Syam di masanya.”

Para ulama sepakat bahwa ia adalah seorang perawi hadits yang tsiqah. Hadits-hadits riwayatnya diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Muslim, dan penyusun kitab-kitab hadits lainnya.

Abu Idris Al-Khaulani adalah sosok yang tutur katanya mudah dipahami dan fasih dan terkenal bijaksana dalam memberi nasehat, 

Santri Abu Idris Al-Khaulani juga banyak yang menjadi ahli fiqih di Wilayah Syam dan menjadi ulama di tengah masyarakat kala itu.

Ia meriwayatkan hadits dari Abu Dzar, Syadad nin Aus, Mughirah bin Syu’bah, dan lainnya.

Makhul pernah berkata, “Aku belum pernah melihat perang yang sehebat Abu Idris.”

Ia meninggal di Syam tahun 80 H.

(Sumber: Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, Penulis Syaikh Muhammad Sa’id Mursi, Pustaka Al-Kautsar)

Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART
Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART