-->

Witing Tresno Jalaran Soko Kulino Artinya?

Witing tresno jalaran soko kulino artinya adalah "Cinta Hadir Karena Terbiasa", ini merupakan kalimat ungkapan cinta dalam bahasa jawa yang sangat populer. pengunaan ungkapan ini pun sangat luas, bisa dipakai di kehidupan sehari-hari sampai digunakan karya-karya seni seperti musik dan sastra lainnya.

Kalimat ungkapan ini mengumpamakan sebagai sebuah hubungan antar kedua manusia dengan rasa cinta yang perasaan muncul karena terbiasa dekat, terbiasa bersama, terbiasa bersua, terbiasa ngobrol, dan lain-lain.

Meski awalnya tidak ada rasa untuk romantis namun seiring jalannya waktu tumbuh perasaan benih cinta akibat terbiasa berdekatan, Witing tresno jalaran soko kulino artinya adalah seperti itu. Berikut dibawah ini penjelasan yang menarik yang perlu diketahui oleh kamu.

Witing Tresno Jalaran Soko Kulino Artinya?

Telah disebutkan sebelumnya bahwa witing tresno jalaran soko kulino artinya adalah "cinta yang datang/tumbuh karena terbiasa. Ungkapan bahasa Jawa ini kini lebih didominasi oleh urusan percintaan. Padahal, tak selamanya ungkapan witing tresno jalaran soko kulino ini hanya bisa digunakan untuk hal tersebut.

Dikutip dari buku Membangun Gerakan Moral di Sekolah, Hafis Muaddab (2011: 40), ditegaskan bahwa witing tresni jalaran soko kulino adalah pepatah Jawa yang memiliki makna bahwa rasa suka atau minat seseorang akan muncul dengan sendirinya karena pembiasaan.

Buku ini juga menjelaskan bahwa manifestasi falsafah pepatah witing tresni jalaran soko kulino sudah lahir dan teruji selama ratusan juta tahun yang lalu. Pepatah ini, jika dibedah kata per kata ke dalam bahasa Indonesia maka akan seperti ini;

  • Witing artinya awalnya atau permulaan
  • Tresno artinya sayang atau cinta
  • Jalaran artinya karena atau sebab
  • Soko artinya dari atau sejak
  • Kulino artinya kebiasaan atau sering

Banyak hal dalam kehidupan yang bisa dianalogikan dengan ungkapan witing tresno jalaran soko kulino. Baik yang mengacu pada pilihan jurusan kuliah, pilihan pindah ke daerah baru, pilihan pekerjaan, dan banyak pilihan-pilihan lainnya. Segala pilihan ini tentu membutuhkan waktu untuk menjadi sebuah kebiasaan.

Agar Anda mencintai pilihan-pilihan itu, maka Anda harus menjalaninya terlebih dahulu dengan tekun setiap hari. Jika Anda sudah terbiasa dengannya, niscaya Anda akan jatuh cinta atau menyukai pilihan-pilihan yang sudah Anda buat tersebut, apapun alasannya.

Melansir dari merdeka.com

Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART
Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART