-->

Doa Mencari Barang Hilang

Papan Kehilangan Kucing, Photo By Pixabay

Barang hilang membuat kita tidak tenang bahkan membuat kita stress, setiap orang mungkin dalam hidupnya pernah mengalami kehilangan barang, namun ada kalanya juga manusia tanpa sengaja harus kehilangan barang, hal ini tentu menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan, hatipun rasanya jengkel saat barang kita hilang, apalagi barang tersebut harus kita pakai atau bawa dalam waktu dekat.

Amalan Doa Mencari Barang Hilang

1. Ikhiar Mencari dan Membaca Doa Kehilangan Barang

Hal pertama jika kamu kehilangan barang diusahakan lisan diam tidak cakap hal-hal negatif, hal ini juga bisa menahan emosi atau akal sehat supaya tidak meresahkan orang lain, kamu bisa ikhtiar mencarinya di tempat terakhir yang kamu ingat saat meletakan barang tersebut, jangan sampai menuduh orang lain yang sudah jelas bukan pelakunya, apalagi menuduh istri atau anak.

Setelah suasana hati tenang, kamu bisa berdoa supaya barang bisa ditemukan dengan segera, kemudian kamu bisa bertanya kepada orang sekitar tentang barang yang sedang kamu cari dan meminta bantuan orang lain untuk mencari barang yang kamu cari

Seperti yang diketahui, Imam al-Syaukani dalam kitab Fathul Qadir, juga disebutkan oleh Imam al-Munawi dalam kitab Faidhul Qadir bahwa jika seseorang kehilangan barang dan mencarinya, agar barang tersebut segera dikembalikan oleh Allah, maka ia bisa membaca doa kehilangan barang berikut ini:

اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma ya jami‘an nasi li yaumin la raiba fihi, ijma’ baiia wa baina dlallati fi khairin wa ‘afiyah.

“Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah.”

terdapat riwayat dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, dimana beliau mengajarkan doa ketika kehilangan barang. Dari Umar bin Katsir, dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, beliau menjelaskan amalan ketika kehilangan barang,


يتوضأ ويصلي ركعتين ويتشهد ويقول: «يا هادي الضال، وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك»


”Dia berwudhu, kemudian shalat 2 rakaat, setelah salam lalu mengucapkan syahadat, kemudian berdoa,


يَا هَادِيَ الضَّال، وَرَادَّ الضَّالَة ارْدُدْ عَلَيَّ ضَالَتِي بِعِزَّتِكَ وَسُلْطَانِكَ فَإِنَّهاَ مِنْ عَطَائِكَ وَفَضْلِكَ


Ya Allah, Dzat yang melimpahkan hidayah bagi orang yang sesat, yang mengembalikan barang yang hilang. Kembalikanlah barangku yang hilang dengan kuasa dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari anugrah dan pemberian-Mu’.”


Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf no. 29720, al-Baihaqi dalam ad-Da’awat al-Kabir (2/54). Baihaqi mengatakan,


هذا موقوف وهو حسن

Ini adalah hadits mauquf [perkataan shahabat] dan hadits ini statusnya adalah hasan”

Demikian pula dinyatakan oleh Abdurrahman bin Hasan, bahwa perawi untuk riwayat Baihaqi adalah perawi yang tsiqqah (terpercaya). (Tahqiq al-Wabil as-Shayib, Abdurrahman bin Hasan dibawah bimbingan Dr. Bakr Abu Zaid)

Allahu a’lam

2. Berdoa Meminta Hikmah

Sikap orang islam jika terkena musibah yang harus dilakukan selain ikhtiar yaitu dengan melakukan doa kepada Rabb

Berdoa bukan saja meminta pertolongan, tapi juga bisa berdoa agar diberi hikmah untuk dapat menyikapi masalah dalam hidup.

Supaya orang islam senantiasa tidak berburuk sangka kepada Allah SWT, serta sabar, dan kuat saat menghadapi ujian tersebut.

Berikut ini bacaan doa-doa agar diberi hikmah lengkap dalam Bahasa Arab, latin beserta artinya.

#1

رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ وَٱجْعَل لِّى لِسَانَ صِدْقٍ فِى ٱلْءَاخِرِينَ وَٱجْعَلْنِى مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ ٱلنَّعِيمِ

Rab bi hab li hukmaw wa alhiqni bis saalihin Wajal li lisaana sidqin fil aakhirin Wajalni miw warasati jan natin naim

Artinya:

"Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan pertemukanlah aku dengan orang-orang yang shalih, serta jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang yang datang kemudian. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang mewarisi surga yang penuh nikmat." (QS. Asy Syu'araa: 83-85)

#2

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummaftah ‘alaina hikmataka wansyur ‘alainaa min khozaa,ini rohmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah untuk kami hikmah-Mu dan taburkanlah kepda kami rahmat-Mu dari gudang-gudang rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Kasih.”

#3

رَبَّنَا آَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدً

“Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)’.” (QS. Al-Kahfi: 10)

#4

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya:

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

#5

Satu lagi doa agar diberi hikmah juga dapat dibaca surat Al Fatihah, karena di dalamnya merupakan doa universal mencakup segalanya, termasuk meminta hikmah.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

Artinya

“Tunjukkanlah kami jalan lurus (yaitu, Kitab dan Sunnah).” (QS. Al-Fatihah : 6)

Sekian doa-doa yang telah kami kumpulkan dari beberapa sumber internet, semoga bermanfaat

Referensi: 

TribunJabar.id 
https://umma.id
https://konsultasisyariah.com/21160-doa-ketika-barang-hilang.html

Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART
Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART