-->

Asuransi bukanlah Investasi

 

Banyak orang cenderung menyamakan perencanaan keuangan dengan investasi, padahal sebenarnya ada berbagai aspek pengelolaan uang yang dicakup oleh subjek keuangan pribadi.

Mulai dari optimalisasi pendapatan dan pengeluaran, penganggaran, hingga pengelolaan pinjaman dan kewajiban, pengelolaan kredit, dan tentu saja investasi dan asuransi.

Seorang harus merencanakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Setiap individu melewati fase yang berbeda dalam hidup dan membuat investasi tergantung pada apakah orang tersebut menghindari risiko atau pencari risiko. 

Setiap generasi mengalami gaya hidup yang berbeda dan lebih menyukai gaya investasi yang berbeda. Beberapa mencari penciptaan kekayaan, sementara yang lain berinvestasi untuk masa depan anak-anak. 

Seperangkat investor lain fokus pada perencanaan pensiun.

Terkadang, investor membeli polis asuransi untuk memenuhi tujuan keuangan mereka. Terkadang orang merasa nyaman untuk membeli produk asuransi dengan unsur investasi di dalamnya.

Asuransi dan investasi adalah pilar penting dari manajemen keuangan, tetapi keduanya memiliki tujuan yang sangat berbeda, dan karenanya tidak boleh dianggap sama.

Apa itu asuransi?

Membeli produk, atau dalam hal ini layanan dengan imbalan uang dianggap sebagai biaya. Ketika kamu membeli asuransi, berarti kamu membeli perlindungan terhadap kejadian tak terduga yang dapat berdampak buruk pada masa depan keuangan keluarga kamu. 

Meskipun tidak ada nilai yang dapat diberikan pada kehidupan manusia, rencana asuransi jiwa bertujuan untuk mengurangi ketidakpastian keuangan bagi keluarga kamu jika terjadi suatu kemungkinan.


Kamu diharapkan untuk membayar premi tetap (untuk jangka waktu tertentu) untuk menyediakan manfaat moneter yang dikenal sebagai uang pertanggungan untuk keluarga jika kamu meninggal sebelum waktunya.

Uang pertanggungan dapat diperkirakan dengan banyak cara, salah satunya dihitung berdasarkan Nilai Kehidupan Manusia, yang memperhitungkan usia kamu, pendapatan saat ini dan potensi masa depan, pengeluaran/kewajiban sekarang dan masa depan, dan tingkat inflasi umum. 

Biaya premi kemudian dihitung berdasarkan uang pertanggungan dan faktor lain seperti usia, kondisi kesehatan, spesifikasi rencana, pengendara, dll.

Kamu harus terus membayar premi sesuai ketentuan asuransi untuk menikmati perlindungan risiko. Jika kamu berhenti membayar premi, manfaat asuransi berhenti sama seperti yang akan terjadi dengan layanan berbasis biaya lainnya.

Asuransi berjangka bukanlah investasi

Asuransi bukanlah investasi. Ketika kamu menginvestasikan uang di suatu tempat, kamu bisa mengharapkan uang itu kembali.Tapi tidak demikian dengan asuransi, ketika kamu mati keluarga kamu akan mendapatkan sesuatu. Jika kamu hidup, tidak ada yang mendapat apa-apa. 

Sederhananya, investasi dalam produk keuangan dilakukan dengan tujuan menghasilkan kekayaan setelah memperhitungkan tujuan keuangan investor, toleransi risiko, dan ekspektasi pengembalian. Seseorang dapat mempertahankan investasi dan menikmati pengembalian berkala, jika berlaku seperti pada beberapa investasi pendapatan tetap. 

Atau, kamu dapat melepasnya di masa mendatang untuk mendapatkan keuntungan sekaligus untuk memenuhi tujuan keuangan kamu seperti membayar uang muka rumah, membayar pendidikan anak atau sebagai korpus untuk kebutuhan pasca pensiun kamu.

Rencana asuransi berjangka tidak menawarkan pengembalian apa pun kepada pemegang polis, baik selama masa jabatan atau saat bertahan dari masa polis. Namun, dalam hal kematian sebelum waktunya, manfaat kematian dibayarkan kepada calon. 

Tujuan asuransi bukan untuk membuat kamu kaya saat masih masih hidup, melainkan memastikan bahwa orang yang kamu cintai tidak menjadi miskin saat kamu tidak ada lagi.

Produk investasi seperti reksa dana bisa membantu kamu menumbuhkan atau menciptakan kekayaan untuk memenuhi tujuan kamu, sedangkan rencana asuransi dimaksudkan untuk melindungi Anda dari kemungkinan yang tidak terduga.

Alasan mengapa garis antara asuransi dan investasi terasa kabur dapat dikaitkan dengan beberapa faktor. Yang paling umum adalah kurangnya pengetahuan keuangan yang memadai serta dorongan dari penasihat/agen karena komisi yang ditawarkan untuk produk asuransi lebih tinggi dibandingkan dengan produk investasi seperti reksa dana.

Saat ini sudah banyak muncul asuransi yang sekaligus digabung dengan investasi.  Dalam upaya untuk memberikan banyak manfaat, banyak dari produk ini gagal di kedua sisi, tidak memberikan asuransi yang memadai atau memberikan pengembalian yang substansial.

Ketika kamu menggabungkan kebutuhan asuransi dan investasi kamu, itu menghasilkan perlindungan asuransi yang tidak memadai dan pengembalian investasi yang lebih rendah. Kecenderungan mencampuradukkan kebutuhan asuransi dan investasi harus disikapi. 

Jika tidak, itu akan menghasilkan pengembalian yang  lebih rendah dan perlindungan hidup yang buruk atau tidak mencukupi. Ini mungkin tidak masuk akal sekarang, tapi mungkin akan masuk akal di kemudian hari.

Apa yang harus dilakukan?

Biaya untuk berinvestasi dalam produk asuransi sangat tinggi.

Belilah term cover yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan masa depan keluarga kamu setelah kamu lulus.

Bahkan jika asuransi kamu perlu ditingkatkan di masa depan, kamu dapat memanfaatkan cakupan yang lebih tinggi dengan biaya tambahan nominal. Fleksibilitas untuk membayar premi dalam angsuran setengah tahun berarti kamu dapat membagi pengeluaran sepanjang tahun tanpa membuang anggaran kamu.

Selain itu, buat pilihan investasi kamu dengan hati-hati setelah mempertimbangkan risiko, alokasi portofolio, dan return yang diharapkan. Pilihlah investasi dan berilah tujuan yang berbeda, pantau secara teratur untuk mengoptimalkan risiko, pengembalian, dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan.

Selama kamu tetap berpegang pada dasar-dasar perencanaan keuangan yang sehat, jalan ke depan akan lebih mudah.
Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART
Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART